Sunday, November 25, 2012

Tahukah Anda Kalau .... ???

bahwa nama lengkap pengarang buku seri detektif Agatha Christie adalah Agatha May Clarissa Miller Christie Mallowan?

bahwa Napoleon Bonaparte sangat menggemari kuda yang berwarna putih, sehingga ia memiliki sekurang-kurangnya 50 ekor!""

bahwa Hitler terpilih oleh Majalah "Time" sebagai "Tokoh Tahun Ini" pada 1938?"

bahwa Benediktus IX terpilih menjadi paus pada usia 11 tahun?"

bahwa buaya yang baru menetas besarnya tiga kali ukuran telur buaya, tempat tinggalnya sebelumnya? 
 
bahwa Admiral Horatio Nelson meminta agar jenazahnya dikuburkan di Gereja Santo Paulus di London dan bukan di Westminster Abbey, tempat yang lazim untuk para pahlawan, karena ia mendengar bahwa Westminter pelan-pelan sedang tenggelam ke Sungai Thames?"

bahwa bayi jerapah tingginya 1,82 meter pada saat ia dilahirkan?"

bahwa setiap tahun ada 600.000 orang yang berkunjung ke Graceland di Tennessee yang merupakan kediaman Elvis Presley semasa hidupnya?"

bahwa pada 2006 Jacqueline Williams dari Flint, Michigan, Amerika Serikat, kehilangan sambungan listrik di rumahnya selama 7 jam karena utangnya kepada perusahaan listrik setempat? Dan jumlah utangnya adalah 1 sen atau sekitar Rp. 95!"  

bahwa pemerintah Indonesia harus menalangi tak kurang dari Rp 660 trilyun jaminan terhadap dana masyarakat ketika terjadinya "krismon"? Angka ini mencapai 60% dari PDB Indonesia tahun 1999 dan termahal dalam sejarah pemulihan perbankan di dunia."

bahwa pembuka makanan kaleng diciptakan 48 tahun setelah makanan kaleng diperkenalkan?"

bahwa panjang tubuh seekor bayi paus biru ketika baru dilahirkan adalah 7,62 meter?"

bahwa seekor lobster membutuhkan waktu 7 tahun untuk bertumbuh hingga 0,46 kg?"

bahwa setiap menit, sekitar 20.000 kaleng didaur ulang di Amerika Serikat? Kaleng ini berasal dari kaleng makanan, kaleng cat dan aerosol."

bahwa susu unta mengandung sekitar 5,5% lemak susu, 7,5% susu dan 87% air?"  

bahwa bila kita merasa kesal, maka otak dan tubuh kita bereaksi keras dan bekerja ekstra sehingga menghasilkan zat-zat kimia dan hormon yang dapat menghasilkan air mata?"

bahwa rata-rata perempuan mengucapkan 7.000 kata per hari, sedangkan laki-laki hanya 2.000 kata?"

bahwa sekitar 90% penderita penyakit lupus adalah perempuan?

bahwa rata-rata orang kehilangan 40 hingga 100 helai rambut setiap harinya?"

bahwa celana jins Levi's dengan paku-paku tembaga dijual seharga $13,50 per lusin pada 1874?"  

bahwa pada tahun pertama VW Kodok diperkenalkan di AS, hanya 330 buah yang laku terjual?"

bahwa Diners Club adalah perusahaan kartu kredit yang pertama di dunia? Frank X. McNamara memulai perusahaan itu pada 1950 dengan 200 orang pemegang kartu pertama."

bahwa yo-yo diperkenalkan pada 1929 oleh Donald F. Duncan? Mainan ini dibuat berdasarkan senjata yang digunakan oleh para pemburu Filipina pada abad ke-16."

bahwa lumba-lumba melompat dari dalam air untuk menghemat energi? Bergerak di udara memang lebih mudah daripada bergerak di dalam air!" 

bahwa ikan bukanlah makanan alami kucing? Nenek moyang kucing berasal dari daerah gurun dan di sana ikan sulit didapat, karena itu makanan kucing adalah tikus, burung, dan serangga. Pada Perang Dunia II, daging menjadi mahal dan sulit didapat. Karena itu para pembuat makanan kucing menggantinya dengan ikan sebagai sumber protein yang murah."

bahwa kehadiran orang baru, anjing, atau kucing baru di sebuah rumah dapat menyebabkan seekor kucing stres?"

bahwa ular membutuhkan waktu 50 jam untuk mencerna seekor katak?"

bahwa biaya membuat film Titanic adalah AS$200 juta, sementara biaya pembuatan kapal itu sendiri sekarang adalah sekitar AS$123 juta?"  

bahwa di kota Krakow Polandia terdapat "Taman Kanak-kanak Paul McCartney"? Di Taman Kanak-kanak ini, anak-anak belajar bahasa Inggris melalui lagu-lagu McCartney."

bahwa dua bersaudara Dixie Chicks, Martie Seidel dan Emily Erwin pertama-tama menyanyi di sudut-sudut jalan di pusat kota Dallas, Texas pada usia 19 dan 16 tahun?"

bahwa sebatang jagung rata-rata mempunyai enam belas baris dengan 800 butir jagung?"  

bahwa koperasi pertama di Indonesia didirikan di Tasikmalaya? Nama Bapak Koperasi Indonesia, yaitu Mohammad Hatta dijadikan nama jalan tempat Gedung Koperasi itu berada."

bahwa setiap harinya seekor bayi paus kelabu meminum susu yang setara dengan 2.000 botol?"

bahwa pada masa kehamilan rata-rata kandungan seorang ibu mengembang hingga 500 kali ukurannya yang normal?"

bahwa La Paz, ibu kota Bolivia adalah kota besar tertinggi di atas permukaan laut di seluruh dunia?

bahwa pada tahun 1900 kopi seringkali diantarkan dari pintu ke pintu di Amerika Serikat, dengan kereta kuda?" 

bahwa pemilihan Miss America diciptakan di Atlantic City, New Jersey, AS pada 1921 dengan maksud memperpanjang musim wisata hingga melewati Hari Buruh di AS yang selalu jatuh pada hari Senin pertama bulan September?"

bahwa lambang perdamaian diciptakan pada 1958 sebagai lambang perlucutan senjata nuklir oleh Komite Aksi Langsung, dan dipergunakan pertama kali tahun itu pada demonstrasi perdamaian di Inggris? Lambang ini merupakan gabungan dari dua tanda semafor untuk huruf "N" dan "D" yang berarti "nuclear disarmament" atau perlucutan senjata nuklir."

bahwa raja yang paling lama berkuasa dalam sejarah adalah Pepi II, yang memerintah Mesir selama 90 tahun dari 2566 hingga 2476 SM? Yang kedua terlama adalah raja Louis XIV dari Perancis yang berkuasa selama 72 tahun, dari 1643 hingga 1715." 

bahwa perang paling singkat dalam sejarah terjadi antara Britania dan Zanzibar pada 1896, yang berlangsung hanya 38 menit? 

bahwa di antara semua jenis anjing, Greyhound mempunyai daya lihat yang terbaik?"

bahwa untuk menghasilkan madu sebanyak satu sendok makan, lebah harus mengumpulkan sari bunga dari 2000 kuntum bunga?"

bahwa dalam film "Camelot" (1967), Richard Harris yang memerankan Raja Arthur dari abad ke-5, kelihatan mengenakan plester di lehernya?" 

bahwa seekor sapi rata-rata menghasilkan 40 gelas susu setiap harinya?"

bahwa di Yunani orang tidak boleh menatap terlalu lama kepada orang lain, khususnya kepada anak-anak, karena dengan cara itu ia dapat mengirimkan Mata Jahat kepada orang yang ditatap?"

bahwa pesulap termasyhur Harry Houdini berniat untuk berkomunikasi dengan istrinya setelah ia meninggal dunia?"

bahwa dalam naskah awal Gone with the Wind, Margaret Mitchell menggunakan nama "Pansy O'Hara" untuk tokohnya yang kemudian diubah menjadi Scarlett O'Hara, sementara perkebunan keluarga O'Hara yang kemudian dinamainya Tara mulanya dinamainya "Fountenoy Hall"?"  

bahwa ketika pada 1962 saat pertama kali kelompok The Beatles mengajukan diri untuk membuat rekaman, Decca Records menolaknya dengan alasan: 'Kami tidak suka dengan musik mereka, dan musik gitar sebentar lagi akan punah.'?"

bahwa Mozart gemar bermain bilyar, dan kadang-kadang bermain sepanjang malam, sambil membuat komposisi simfoninya?"

bahwa kedelai adalah satu-satunya sumber protein nabati yang mengandung kedelapan asam amino penting dan karenanya dianggap sebagai yang terlengkap?"

bahwa kedelai diperkenalkan di Eropa pada tahun 1712 dan di benua Amerika pada awal 1800-an?"  

bahwa rakit-rakit terapung dari tanaman bunga matahari digunakan untuk membersihkan air beracun akibat kecelakaan kebocoran PLTN Chernobyl pada 1986? Akar tanaman ini mampu menyedot 95% zat radioaktif dari dalam air."

bahwa sebelum berganti kulit, mata ular biasanya tampak suram, dan kulitnya pun sangat kusam? Biasanya ular juga menjadi tidak aktif menjelang saat-saat ini, dan tidak mau makan."

bahwa setiap tahun Brasil menghasilkan hampir sepertiga produksi kopi dunia?"

bahwa Maria Montessori adalah mahasiswa kedokteran wanita Italia pertama? Ia masuk pada 1890 dan lulus berpredikat dengan pujian." 

bahwa oleh sebab larangan agama untuk pembedahan manusia hidup-hidup, Galenus menganggap struktur dan fungsi anatomi manusia serupa dengan anatomi anjing?"

bahwa baru pada 1967 margarin berwarna kuning boleh dijual di Wisconsin? Wisconsin adalah negara bagian Amerika Serikat terakhir yang mengizinkan pemberian warna pada margarin!"

bahwa hingga tahun 1800-an di Hawaii kaum perempuan dilarang makan hampir semua jenis pisang, dengan ancaman hukuman mati bagi yang melanggarnya? 

bahwa kucing mempunyai lima jari pada kedua kaki depannya, dan hanya empat jari pada kedua kaki belakangnya?"

bahwa dalam sebuah adegan film Titanic, Jack Dawson tampak melukis Rose dengan menggunakan tangan kirinya? Pada bagian-bagian lain dari film itu, Jack yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio ternyata tidak kidal! Adegan melukis Rose itu diperankan oleh orang lain yang memang kidal."

bahwa di Inggris ada larangan untuk memberi makan ular peliharaan dengan mamalia yang masih hidup? Tikus yang masih hidup dapat membahayakan bahkan membunuh si ular. Karena itu biasanya makanan yang diberikan berupa tikus beku yang telah dihangatkan kembali dengan meletakkannya dulu di sebuah panci yang berisi air hangat."

bahwa penelitian memperlihatkan di seluruh dunia sekurang-kurangnya 3 juta perokok meninggal setiap tahunnya karena penyakit-penyakit yang terkait dengan rokok?"

bahwa di sebagian wilayah Afrika, bersalaman dengan tangan kanan dianggap tidak sopan? 

bahwa margarin dikembangkan pada 1869 oleh Hippolyte Mege-Mouries, seorang ahli kimia Perancis? Napoleon menawarkan hadiah bagi orang yang dapat menemukan pengganti mentega untuk angkatan darat dan lautnya, karena mentega mudah menjadi rusak."

bahwa di Amerika Serikat, lebih dari 450.000 perokok meninggal karena berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh rokok? Jumlah ini lebih besar daripada jumlah keseluruhan orang yang meninggal karena AIDS, kecelakaan lalu lintas, alkohol, pembunuhan, dan kebakaran!"

bahwa orang kidal cenderung mengunyah makanannya dengan bagian kiri mulutnya?"

bahwa rata-rata orang dewasa tertidur dalam waktu tujuh menit setelah lampu dimatikan?" 
 
bahwa pada 1998 petir menyambar kesebelas anggota sebuah tim sepak bola di Republik Demokratik Kongo, sementara tim lawannya selamat? Hal ini menyebabkan pihak lawan dituduh melakukan praktik perdukunan!"

bahwa setelah makan, kucing selalu menjilati dirinya sendiri? Ini disebabkan nalurinya mengatakan bahwa mereka harus menghilangkan bau makanan dari diri mereka, agar pemangsa mereka tidak akan mencium bau makanan itu, dan mencari mereka untuk memakannya."

bahwa jumlah air di bumi tetap sama sejak bumi terbentuk? Air tidak pernah dikonsumsi sampai habis, melainkan terus didaur ulang dalam berbagai bentuknya."

bahwa mata burung unta lebih besar daripada otaknya? 

bahwa Adolf Hitler sangat terpesona oleh tangan? Di perpustakaannya ada buku yang rupanya banyak dirujuknya, yang mengandung berbagai gambar dan foto tangan dari orang-orang terkenal sepanjang sejarah. Ia suka memperlihatkan tamu-tamunya betapa tangannya sangat mirip dengan tangan Friedrich Agung, salah seorang pahlawan yang dikaguminya."

bahwa alpukat telah dibudidayakan di Amerika Tengah selama lebih dari 7.000 tahun?"

bahwa bila keluarga Grimaldi yang berkuasa di Monako tidak mempunyai keturunan laki-laki, maka Monako tidak akan menjadi negara yang berdaulat lagi?"

bahwa Jepang adalah importir bijih besi terbesar di dunia? 

bahwa suhu terendah yang pernah dicatat di dunia adalah –89,44 derajat Celsius di Vostok, Antarktika, pada 21 Juli 1983?"

bahwa dalam sebuah survai pada tahun 2000 ditemukan jejak kokain pada 99% uang kertas Inggris di London?"

bahwa tiga zat yang paling banyak tedapat di dalam alam adalah hidrogen, helium, dan oksigen?"

bahwa pada 1799, dokter John Ferriar menemukan pengaruh daun-daun kering dari tanaman "foxglove", digitalis purpurea, terhadap jantung? Hingga kini digitalis masih digunakan dalam pengobatan jantung, karena dapat memperlambat denyut jantung dan meningkatkan kekuatan kontraksi jantung serta jumlah darah yang dipompa pada setiap denyut jantung." 

bahwa tanaman tapak dara (Catharanthus roseus), yang berasal dari Madagaskar, digunakan untuk menyembuhkan leukemia?"

bahwa rakyat Tiongkok telah menggunakan aluminium pada tahun 300, sementara bangsa-bangsa Barat baru menemukannya pada 1827?"

bahwa Perang Saudara Amerika menghasilkan lebih dari 400.000 pecandu morfin? Karena itu, kecanduan morfin kemudian disebut sebagai 'penyakit tentara'."

bahwa usia rata-rata seekor nyamuk adalah dua minggu?"

bahwa Aspirin buatan Bayer adalah obat pertama yang dipasarkan dalam bentuk tablet? Obat ini pertama kali dipasarkan pada 1899 dalam bentuk bubuk, tetapi pada 1900 dipadatkan menjadi tablet yang dapat larut di dalam air." 

bahwa kota dengan wilayah terluas di dunia jatuh pada kota Mount Isa yang terletak di barat laut Queensland, Australia. Luasnya mencapai hampir 41 ribu kilometer persegi dengan memiliki jalan raya kota sepanjang 189 km yang merupakan jalan raya kota terpanjang di dunia."

bahwa kokain adalah obat bius lokal pertama yang digunakan? Obat ini pertama kali digunakan pada 1884."

bahwa Lintasan Danau Pontchartrain di New Orleans, Louisiana, adalah jembatan terpanjang di dunia? Panjang jembatan ini sekitar 38 kilometer."

bahwa kota pertama yang jumlah penduduknya 1 juta orang adalah Roma, Italia, pada 133 SM? Jumlah penduduk di London, Inggris mencapai 1 juta pada 1810, dan New York City, New York. di AS mencapainya pada 1875. Kini ada lebih dari 300 kota di dunia dengan penduduk lebih dari 1 juta orang."

bahwa antara 1931 dan 1969 Walt Disney memperoleh 35 buah Oscar?" 

bahwa lempeng tektonik di sekitar lempeng Pasifik menghasilkan lebih dari 80 persen dari energi yang dilepaskan oleh gempa bumi setiap tahunnya?"

bahwa Hitler pernah memesan sejumlah tank di Michigan, AS dan mengatakan kepada perusahaan pembuatnya agar tidak usah repot-repot mengirimnya ke Jerman, karena ia akan mengambilnya sendiri dalam perjalanannya lewat Detroit, Michigan?"

bahwa untuk memproduksi sebuah mobil, termasuk bannya, dibutuhkan sekitar 138.127 liter air?"

bahwa negara Amerika Serikat membutuhkan biaya $3,5 milyar setiap tahunnya untuk mengoperasikan sistem air minum di seluruh negara?" 
 
bahwa Charles V dari Kekaisaran Romawi Suci dibesarkan dengan bahasa Perancis dan Belanda, tapi tak lama kemudian juga belajar bahasa Spanyol, Jerman, dan Italia? Ia pernah berkata bahwa ia menggunakan bahasa Spanyol untuk berbicara dengan Tuhan, Italia dengan wanita, Perancis dengan pria, dan bahasa Jerman dengan kudanya!"

bahwa sekitar 14% dari seluruh penduduk berbahasa Spanyol di dunia tinggal di Amerika Serikat?"

bahwa kata cokelat dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Belanda atau bahasa Inggris, yang pada gilirannya berasal dari bahasa Spanyol, yang meminjamnya dari bahasa Nahuatl, bahasa bangsa Indian Aztek di Amerika Tengah?"

bahwa dalam kartu namanya Al Capone menulis profesinya sebagai penjual furnitur bekas?"

bahwa lalat dapat mengepakkan sayapnya sekitar 500 kali per detik?"

bahwa manusia tidak dapat berkedip minimal 10 kali per detik?"

bahwa kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia? Bumbu ini digunakan di Mesir kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama."

bahwa selama Perang Dunia II kota Leningrad (nama lama St. Petersburg) dikepung Jerman selama 900 hari dari 8 September 1941 hingga 27 Januari 1944? Selama pengepungan itu, diperkirakan 800.000 penduduk kota itu tewas."

bahwa pisang adalah sumber yang baik untuk vitamin C, potasium, dan serat makanan.?

bahwa di Hermosa Beach, California, AS, orang dilarang melemparkan garam di jalan? 

bahwa anjing boxer disebut demikian karena ia menggunakan kaki depannya untuk memukul bila sedang berkelahi?"

bahwa kuda laut digunakan di banyak suku bangsa sebagai obat? Setiap tahun sekitar 20 ton kuda laut kering dikonsumsi sebagai obat tradisional Tionghoa. Pada 1988 pemerintah Australia menyatakan kuda laut sebagai binatang yang dilindungi."

bahwa Ratu Yelizaveta Petrova dari Rusia adalah salah seorang di antara raja dan ratu Rusia yang dicintai rakyatnya karena ia tidak mengizinkan orang Jerman menjabat dalam pemerintahannya, dan tak seorang pun dihukum mati pada masa kekuasaannya?"

bahwa dalam perjalanan ke angkasa luar para astronot Amerika maupun kosmonot Rusia selalu membawa bekal cokelat?"  

bahwa satu-satunya amandemen Konstitusi Amerika Serikat yang dibatalkan adalah larangan penjualan minuman keras?"

bahwa Christopher Columbus membawa sherry dalam pelayarannya ke benua Amerika? Sementara itu, ketika Fernão de Magalhães mempersiapkan diri untuk pelayarannya mengelilingi dunia pada 1519, ia menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli sherry daripada senjata!"

bahwa hanya 30% orang dewasa di Amerika Serikat percaya bahwa alkohol baik bagi kehidupan yang sehat dan seimbang?"

bahwa pada tahun 1900 Ratu Victoria dari Britania Raya mengirimkan ucapan "Selamat Tahun Baru" kepada pasukan-pasukan Inggris yang ditempatkan di Afrika Selatan dalam Perang Boer dalam bentuk sepotong cokelat yang dicetak secara khusus?"  

bahwa Presiden Lyndon B. Johnson pernah bekerja sebagai operator lift, petugas kebersihan, tukang cuci piring, tukang sampah, dan tukang semir sepatu?"

bahwa negara bagian Virginia paling banyak menghasilkan presiden Amerika Serikat? Di negara bagian ini dilahirkan George Washington, Thomas Jefferson, James Madison, James Monroe, William Henry Harrison, John Tyler, Zachary Taylor, dan Woodrow Wilson."

bahwa kuda laut tidak mempunyai gigi dan karena itu bila ia dipelihara di akuarium, ukuran makanannya harus disesuaikan dengan moncongnya agar dapat mudah ditelan?"

bahwa perusahaan cokelat Godiva didirikan lebih dari 70 tahun yang lalu di Brusel, Belgia oleh pakar cokelat Joseph Draps untuk menghormati legenda Lady Godiva?  

bahwa konsumsi alkohol begitu meluas di sepanjang sejarah kehidupan manusia sehingga disebut "bahasa universal"?"

bahwa Lembah Napa, daerah pertanian anggur dan pengolahannya, telah mengalahkan Disneyland sebagai tujuan wisata nomor satu di California, dengan 5,5 juta pengunjung setiap tahunnya?"

bahwa tiga orang presiden Amerika Serikat pernah bekerja sebagai tukang cuci piring? Mereka adalah Lyndon B. Johnson, Gerald Ford, dan Ronald Reagan."

bahwa pemimpin Vietnam, Ho Chi Minh, pernah bekerja sama dengan Office of Strategic Services milik AS yang kemudian dinamai CIA? Ho dan orang-orangnya pernah menyelamatkan penerbang-penerbang Amerika yang ditembak jatuh Jepang. Badan ini kemudian membantu Ho dalam mengusir tentara Jepang dari Vietnam."  

bahwa Petrus Damiani, uskup Ostia, pernah menulis kepada Paus Alexander II pada 1061 dan mendesaknya agar melarang para rohaniwan bermain catur dan menghukum seorang uskup yang membuang-buang waktu dengan bermain catur di malam hari?"

bahwa Tom Arnold, Sandra Bullock, Chevy Chase, Bill Cosby, Kris Kristofferson, dan Bruce Willis semuanya pernah menjadi pelayan bar?"

bahwa Presiden AS Franklin D. Roosevelt mempunyai hubungan dengan 11 presiden lainnya lewat pertalian darah atau perkimpoian, yaitu dengan: John Adams, John Quincy Adams, Ulysses S. Grant, William Henry Harrison, Benjamin Harrison, James Madison, Theodore Roosevelt, William Taft, Zachary Taylor, Martin Van Buren, dan George Washington? Roosevelt adalah presiden AS yang ke-32."

bahwa Australia mempunyai sekurang-kurangnya 14 spesies kuda laut sementara Jepang mempunyai sekurang-kurangnya 7 spesies?"  

bahwa antara abad ke-10 hingga abad ke-14 orang menggunakan dadu untuk menentukan buah catur mana yang akan dijalankan pertama kali?"

bahwa pos rekrutmen marinir Amerika Serikat yang pertama adalah di sebuah bar?

bahwa fermentasi adalah proses yang penting dalam produksi berbagai jenis makanan, termasuk roti, kopi, teh, keju, yogurt, acar, cokelat, vanili, jahe, saus tomat, kecap, dll.?"

bahwa Geneva merupakan ibu pejabat banyak pertumbuhan PBB, termasuk agensi-agensi PBB?"

bahwa Mercedes-Benz SLR McLaren adalah kereta transisi otomatis terbagus di dunia?"

bahwa teori merkantilisme mempercayai bahawa kesejahteraan sesuatu negara ditentukan oleh jumlah modal yang disimpan oleh negara itu?"

bahwa panjang busur panah biasanya sama dengan tinggi pemanahnya?" 

bahwa pada 1996 Ulf Andersson, Grandmaster Swedia memecahkan rekor dunia dengan bermain catur simultan pada 310 papan, dan menang 268, seri 40, dan kalah 2 dalam waktu 15 jam dan 23 menit?"

bahwa ikan mas koki kepala singa dikembangkan di Tiongkok untuk menyerupai binatang mitologi anjing singa di negara itu?"

bahwa bir baru dijual di dalam botol pada tahun 1850 dan di dalam kaleng pada tahun 1935?

bahwa Kirk Holland adalah pecatur aktif tertua di AS? Ia masih bermain dalam turnamen-turnamen penting pada usia 94 tahun!"

bahwa Den Haag tidak mempunyai universitas walaupun merupakan kota ketiga terbesar di Belanda?"

bahwa Kalimantan pada asalnya merujuk kepada keseluruhan kepulauan Borneo, dan bukan wilayah Indonesia kini saja?"

bahwa perang anti-kapal selam menggunakan kapal laut, pesawat udara ataupun lain-lain untuk mencari, menjejak dan memusnahkan kapal selam musuh?"
bahwa setengah dari cendawan itu beracun?" 

bahwa teh adalah minuman kedua paling populer di dunia, setelah air biasa?"

bahwa pada tahun 1917 di Pennsylvania, AS, dikeluarkan undang-undang yang melarang kedai-kedai minuman keras memberikan roti sandwich gratis kepada para pelanggan yang membeli bir untuk diminum bersamanya? Untuk mengakali undang-undang ini, beberapa pemilik kedai memutuskan untuk menjual sandwich, dan memberikan bir gratis!"

bahwa manusia telah memakan roti kismis selama lebih dari 6000 tahun?"

bahwa José Raúl Capablanca digelari "Mesin Catur"? Capablanca adalah pemain berbakat alam terbesar dalam sejarah catur dunia. Ia melesat dengan mudah menjadi pemain paling terkemuka pada masanya."  

bahwa pada tahun 1963 Ny. Edvige Ruinstein di Milano mengajukan permohonan cerai dari suaminya di pengadilan dengan alasan karena suaminya terlalu tergila-gila akan permainan catur sehingga ia menolak bekerja dan memberi nafkah bagi kedua anaknya? Pengadilan mengabulkan permohonannya."

bahwa pada tahun 1600-an termometer diisi dengan brandy dan bukan dengan air raksa?

bahwa pada 1931 Géza Maróczy, juara catur Hongaria - salah satu yang terbaik di dunia pada masanya - pernah menantang Aron Nimzowitsch, seorang jago catur Denmark dalam sebuah duel pistol di Bled, Slovenia?

bahwa lagu kebangsaan Amerika Serikat, "Star-Spangled Banner," dikarang dengan musik dari sebuah lagu yang biasa dinyanyikan orang sewaktu meminum minuman keras?  

bahwa kata "Eskimo" berarti "pemakan ikan mentah"?"

bahwa perusahaan yang paling banyak pegawainya di dunia adalah Jawatan Kereta Api India? Seluruh pegawainya berjumlah lebih dari satu juta orang!"

bahwa nama Kanada diambil dari bahasa Indian, yang berarti Kampung Besar?"

bahwa Weaver Adams, seorang Master catur AS pernah menulis sebuah buku catur berjudul Putih Main dan Menang? Setelah buku itu terbit, ia bermain dalam sebuah turnamen di Dallas Texas dan kalah dalam semua permainan di mana ia memainkan buah catur putih, dan menang ketika ia memainkan buah hitam!"  

bahwa tornado paling sering terjadi antara siang sampai senja hari, ketika panas siang hari menghasilkan udara panas yang menjadi sumber terbentuknya badai tornado?"

bahwa Adolf Hitler terkenal sebagai salah satu orang yang menjauhkan diri dari alkohol, sementara musuhnya, Sir Winston Churchill adalah salah satu peminum kelas berat dunia?

bahwa fermentasi di dalam tubuh manusia adalah sangat penting bagi kelangsungan hidupnya?"

bahwa sekitar 92% orang Amerika menyukai cokelat susu, namun belakangan ini cokelat hitam semakin populer?"  

Potret Jacob de Gheyn III dari Rembrandt adalah lukisan yang paling sering dicuri di dunia?"

McDonald's di India tidak menyediakan daging sapi, karena sapi adalah binatang suci bagi umat Hindu? Karena itu, restoran waralaba terkenal itu hanya menyediakan daging ayam, kambing, dan ikan!"

di Babilon kuno, ayah pengantin perempuan akan menyediakan minuman madu yang difermentasikan untuk persediaan minumnya selama satu bulan? Karena itulah masa minuman madu gratis itu kemudian disebut masa bulan madu."

pada malam-malam terang bulan, konsumsi minuman keras biasanya menurun?"

kebanyakan sayuran, dan praktis segala macam jus buah, mengandung alkohol?"

gerak mata, ke arah kiri dapat, membantu daya ingat yang berkaitan dengan warna?" 

" ...bahwa di negara bagian West Virginia, AS, bar-bar boleh mengiklankan harga minuman kerasnya, namun dilarang menyebutkan mereknya?"

" ...bahwa India mempunyai sapi terbanyak di dunia, yaitu lebih dari 196 juta ekor?"

" ...bahwa Larry Christiansen adalah satu-satunya pemain catur yang mendapat gelar Grandmaster Internasional tanpa menjadi Master Internasional terlebih dahulu?"

" ...bahwa pada 4 Agustus 2005, pegolf profesional John Daly mencoba memukul sebuah bola golf melintasi Air Terjun Niagara sejauh sekitar 331 meter? Ia gagal setelah 20 kali mencoba."

" ...bahwa putri Diana sempat dioperasi selama 3 jam sebelum meninggal.

"... bahwa menginjak api adalah sebuah upacara yang sudah tua sekali? Rujukan-rujukan tertua mengenai upacara ini telah lebih dari 3000 tahun, ketika para pertapa di India berjalan di atas bara api untuk menguji dan menyucikan diri mereka!"

"... bahwa teh herbal sama sekali tidak mengandung teh? Teh jenis ini dibuat dari berbagai campuran bunga, buah, dan ramu-ramuan yang memberikan rasa yang sedap, tanpa kafein."

"... bahwa teh hijau, teh hitam, dan teh oolong, berasal dari pohon teh yang sama? Perbedaannya diakibatkan oleh cara pemrosesan daun-daun tehnya."

"... bahwa dibutuhkan rata-rata 600 buah anggur untuk menghasilkan satu botol anggur?"  

"...Winston Churcill dilahirkan oleh ibunya di dalam Toilet wanita saat acara Pesta malam"

"... bahwa meminum minuman keras dalam jumlah yang sedang, akan mengurangi risiko penyakit jantung hingga rata-rata 40%?"

"... bahwa Napoleon selalu membawa cokelat dalam setiap peperangannya, dan memakannya apabila ia membutuhkan energi dengan segera?"

"... bahwa Atahualpa adalah kaisar Inca terakhir di Peru? Ia dipenjarakan di Cajamarca, Peru oleh Francisco Pizarro dan para conquistador Spanyol pada 1533. Sementara di tahanan, ia mengamati para penjaganya bermain catur dan tak berapa lama kemudian ia menguasai permainan itu dan menang atas semua penjaga di penjara itu!"

"... bahwa kereta api yang tiba di atau berangkat dari Mumbai, India setiap dua menit sekali dirancang untuk mengangkut 1700 penumpang yang berdiri? Namun biasanya kereta itu begitu padat hingga mengangkut lebih dari 7000 penumpang sekaligus!"

"...bahwa pencipta lagu kebangsaan Singapura Majulah Singapura, yaitu Zubir Said adalah seorang Minangkabau (INDONESIA !)...?  

"... bahwa Prof. Dr. Hamka hanya memperoleh pendidikan formal hingga Sekolah Dasar dua tahun. Beliau lebih banyak belajar informal ke para ulama dan autotidak. Gelar doctor honoris causa diperolehnya dari Universitas Al-Azhar Mesir.

"... bahwa India adalah produsen film terbesar di dunia? Setiap tahun lebih dari 800 film cerita diproduksi dalam 14 bahasa. Ini berarti lebih dari dua buah film rata-rata diproduksi setiap harinya!"

"... bahwa Presiden AS, Gerald Ford pernah menjadi juru masak, sementara Presiden James Garfield pernah menjadi tukang kayu?"

"... bahwa pengusaha cokelat Amerika Serikat menghabiskan 1,5 milyar pon susu setiap tahunnya? Kebutuhan ini hanya dikalahkan oleh industri keju dan es krim."

"... bahwa Kabupaten Merauke adalah kabupaten terluas di Indonesia, dengan luas wilayah 44.071 km2?"

"... bahwa Hippasus dari Metapontum dihukum mati oleh Pythagoras karena menemukan bilangan irasional  

bahwa pada 1952 ketika turnamen catur internasional sedang berlangsung di Havana, sebuah revolusi terjadi? Presiden Fulgencio Batista, sponsornya, digulingkan. Para peserta Meksiko dipanggil pulang. Dan juara catur Kuba, Juan Quesada yang sedang bermain dalam turnamen ini, meninggal dunia karena serangan jantung. Pemakamannya dihadiri oleh semua master yang ikut serta dalam turnamen tersebut."

"... bahwa minuman kegemaran Presiden Gerald Ford adalah gin dan tonik, sementara Presiden Herbert Hoover lebih menyukai martini?"

"...bahwa salah satu lagu Queen yang berjudul Crazy Little Thing Called Love dikarang Freddie Mercury di kamar mandi saat ia mandi?"

"... bahwa baru pada era reformasi ijazah Pondok Modern Gontor Ponorogo diakui di Indonesia. Sebelumnya ijazah pondok tersebut tidak diterima di Indonesia walaupun diterima oleh berbagai universitas di Timur Tengah.  

"... bahwa Raja Knut V dan Raja Valdemar - keduanya dari Denmark, sedang bermain catur ketika mereka diserang? Knut terbunuh, namun Valdemar selamat karena ia menggunakan papan catur sebagai perisainya!"

"... bahwa Uwe Seeler adalah penyerang sepak bola Jerman terkenal karena pernah menciptakan gol dengan belakang kepalanya? Saat itu Jerman bertanding melawan Inggris pada babak perempat final Piala Dunia 1970, yang dimenangi Jerman 2-0."

"... bahwa tiga dari enam Presiden Indonesia dilahirkan di Provinsi Jawa Timur?"

"... bahwa rata-rata secangkir kopi mengandung lebih dari seribu komponen kimia, yang hanya dinikmati secara keseluruhan sebagai bagian dari rasa kopi?

"... Bahwa pesawat kepresidenan Amerika Serikat, Air Force One, mampu terbang sejauh sepertiga keliling Bumi, nonstop, tanpa sekalipun mengisi ulang Avtur?"  

"... bahwa teh hijau dan teh hitam dapat mencegah gigi berlubang dan memberikan napas yang lebih segar?"

"... bahwa bar terpanjang di dunia terdapat di New Bulldog di Rock Island, Illinois? Panjang bar ini adalah sekitar 208,5 meter!"

"... bahwa seorang pemetik daun teh dapat mengumpulkan hingga 32kg daun setiap harinya?"

"... bahwa lima dari sepuluh air terjun tertinggi di dunia terdapat di Norwegia? 

"... bahwa Joseph Haydn adalah komponis yang menciptakan kuartet gesek, sehingga ia dijuluki sebagai "Bapak Kuartet Gesek"? Selama hidupnya, ia menciptakan 83 lagu (sebagian orang menyebutkan 68) untuk kuartet gesek."

"... bahwa dengan satu kilogram daun teh kita dapat membuat sekitar 375 hingga 425 cangkir teh?"

"... bahwa Maharani Yelizaveta Petrovna dari Rusia memerintahkan pembangunan Istana Musim Dingin yang tidak pernah sempat ia nikmati? Istana itu selesai pada 1762, namun sang maharani telah keburu meninggal dunia pada tahun yang sama itu."

"... bahwa wilayah Amerika Serikat yang paling rendah konsumsi minuman beralkoholnya (yang dikenal sebagai Bible Belt) juga dikenal oleh banyak dokter sebagai daerah yang paling banyak korban strokenya?" 

"... bahwa Paus Viktor I adalah paus (189-199) pertama yang berasal dari tanah Afrika?"

"... bahwa pada tahun 1959 di Amerika Serikat terjadi 36.981 kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kematian, sementara di udara terjadi 8 kecelakaan yang menelan 125 korban?"

"... bahwa pantyhose yang dikenakan oleh kaum perempuan, berkembang dari gaya berpakaian laki-laki? Pada abad ke-14, laki-laki Eropa biasa mengenakan kaus kaki yang panjang ketika model tunik yang dikenakannya semakin pendek. Kaus ini digantikan oleh stoking pada abad ke-17, dan akhirnya oleh celana panjang. Pada 1960-an orang menciptakan pantyhose untuk kaum perempuan, meniru laki-laki pada Abad Pertengahan."  

"... bahwa teh Lipton yang terjual dalam setahun cukup untuk mengisi 3.660 kolam renang ukuran Olimpiade? Bila ditambah dengan teh es, jumlah teh itu akan cukup mengisi 4.434 kolam renang!"

"... bahwa Shah Jehan yang memerintahkan pembangunan Taj Mahal untuk mengenang istrinya Mumtaz Mahal, mempunyai harem yang terdiri dari ribuan orang wanita?"

"... bahwa pada waktu Invasi Irak, tentara laki-laki Amerika Serikat minta dikirimi pantyhose untuk melindungi diri mereka dari kutu-kutu pasir?"

"... bahwa buku catur pertama yang diterbitkan di Rusia adalah terjemahan karya Benjamin Franklin, yaitu "Morals of Chess" (Moral Permainan Catur)? Buku ini diterbitkan di St. Petersburg pada 1791 dengan judul dalam Pravila dlia Shashechnoi Igry (Aturan-aturan untuk Permainan Catur)."

No comments:

Post a Comment